Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner here

Keistimewaan Dan Sunnahnya, Peringatan 10 Muharram

 

foto suasana peringatan 10 muharram di masjid Nurul Iman

Purwokerto – Peringatan 10 Muharram dan Santunan Anak Yatim diselenggarakan oleh TPQ dan Madin Fathul Ulum, Minggu (07/08/2022). Acara ini bertempat di masjid Nurul Iman.

Peringatan 10 Muharram ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya dari Yayasan Nurul Iman terkhusus TPQ dan Madin Fathul Ulum. Pada tahun ini acara dilaksanakan di dua waktu yaitu pada tanggal 7 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB dan 8 Agustus 2022 pukul 14.00 WIB.

Acara pertama dihadiri oleh santri Madin Fathul Ulum kelas dua hingga dua Tsanawi beserta ustadnya dan santri putra putri Pondok Pesantren Nurul Iman (PPNI). Acara ini diisi dengan pembacaan al-barzanji yang dipimpin oleh santri putra PPNI dan dillanjutkan dengan ma’uidhoh khasanah dari Gus Fathurrozak.

Pada acara kali ini beliau menyampaikan alasan istimewa diperingatinya tanggal 10 Muharram dibanding tanggal dan bulan hijriyah lainnya. Diantaranya  pertama, bertepatan dengan selamatnya Nabi Musa as dan kaum Bani Israil dari pengejaran Raja Fir’aun di Laut Merah. Kedua, diterimanya taubat Nabi Adam as atas kesalahannya memakan buah khuldi. Ketiga, keluarnya Nabi Yunus as dari perut ikan Nun. Keempat, selamatnya Nabi Ibrahim as dari api. Kelima, berlabuhnya kapal Nabi Nuh as di bukit Zuhdi dengan selamat. Keenam, dibebaskannya Nabi Yusuf as dari penjara karena fitnah. Dan ketujuh, sembuhnya Nabi Ayyub as dari penyakit kulitnya.

Beliau juga menyampaikan, dari banyaknya peristiwa kenabian pada tanggal 10 Muharram. Rasulullah saw menganjurkan umatnya untuk berpuasa. Puasa sunnah pada tanggal 10 Muharram dinamakan puasa As-Syuro. Gus Fathurrozak juga menambahkan keutamaan dari puasa As-Syuro ini.

“Terdapat hadis shohih mengenai keutamaan puasa di tanggal 10 Muharram. Orang yang melaksanakan puasa As-Syuro in syaa Allah dosa selama setahun akan di ampuni dan pahala dari amalan baik yang dikerjakan berlipat ganda.” Ungkap Gus Fathurrozak.

Setelah mauidhoh khasanah oleh Gus Fathurrozak, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari Madin Fathul Ulum dan diserahkan langsung oleh Gus Fathurrozak.

Esoknya, pukul 14.00 WIB pada tanggal 8 Agustus 2022, acara serupa dilaksanakan. Acara kedua ini diisi dengan pembacaan al-barzanji dan santunan anak yatim. Kali ini pemberian santunan diserahkan oleh pengasuh PPNI yaitu Ibu Nyai. Hj. Siti Zahroh kepada santri terpilih TPQ dan Madin Fathul Ulum.

Kedua acara tersebut ditutup dengan pembagian takir kepada para santri di Yayasan Nurul Iman sebagai ucapan syukur masih bisa mengikuti peringatan hari istimewa ini.

Penulis : Siti Maftukhah Tiara Rizky

Posting Komentar untuk "Keistimewaan Dan Sunnahnya, Peringatan 10 Muharram"

ads here
ads here