Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner here

Pengaruh Love Control Pada Anak, Seminar Parenting TK Fathul Ulum


Foto kegiatan Seminar Parenting di Aula Madin Fathul Ulum


Purwokerto – TK dan PAUD Fathul Ulum menyelenggarakan acara Seminar Parenting dengan judul Love Versus Control Pengaruhnya Terhadap Anak bersama Grachita Indonesia, Rabu (03/08/2022). Acara ini bertempat di Aula Madin Fathul Ulum dan dihadiri oleh wali murid dari TK dan PAUD Fathul Ulum dan PAUD Roudlotus Shibyan, Pasir Kulon.  

Pada acara kali ini, menghadirkan narasumber dari Lembaga Psikologi Grahita Indonesia bernama Ery Kencoro, S. Si, C. Fc. Sebagai narasumber dari seminar parenting ini, beliau memaparkan tiga masalah yang dihadapi orang tua dalam menangani anaknya.

“Orang tua dalam mengasuh anaknya terdapat tiga masalah yang dihadapi. Yaitu Unexpected Syndrom, sindrom dimana orang tua tidak berpengalaman dalam menangani anak-anak, kemudian Unexpected Action, tindakan yang tidak disadari orang tua yang menjadi contoh perilaku anaknya, serta Accidential Crime atau tindakan di luar batas kemampuan yang tidak boleh dilakukan orang tua kepada anaknya.” Ungkap Ery

Beliau juga memaparkan untuk menghadapi ketiga masalah tersebut maka orang tua perlu mengetahui pengaruh Love (kasih sayang) dan Control (pengendali umum) yang diberikan kepada anak. terdapat empat pola pengaruh Love dan Control pada anak. Pertama, apabila love dan control terlalu besar maka anak cenderung memiliki karakter yang ketergantungan kepada orang lain. Kedua, ketika love lebih besar dibanding control maka anak cenderung dominatif. Ketiga, sebaliknya control lebih besar dari love maka anak akan bersikap difensif. Dan keempat, ketika love dan control terlalu sedikit maka anak akan bersikap agresif.

Selanjutnya agar anak tidak cenderung memiliki salah satu dari keempat karakter tadi, maka perlu recovery untuk mengembalikan love dan control pada posisi yang ideal.

“Dari keempat pola tersebut, perlu adanya recovery untuk mengembalikan love dan control dalam posisi yang ideal. Yaitu melalui peran orang tua sebagai pengasuh utama, peran sekolah sebagai bagian dari kehidupan anak, dan lembaga psikologi untuk mengetahui keecendrungan karakter yang dimiliki anak.” pungkas Ery dalam pemaparan materinya.


Reporter : Siti Maftukhah Tiara Rizky dan Putri Khanifah
Editor : Irna Maifatur

Posting Komentar untuk "Pengaruh Love Control Pada Anak, Seminar Parenting TK Fathul Ulum"

ads here
ads here