Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner here

Profil Pendiri

KH. Mohammad Thohirin

        Abah Kyai H. M. Thohirin AZM, yang kerap kali kami panggil Abah, merupakan pendiri Pondok Pesantren Nurul Iman. Lelaki asli Banyumas, Pasir Wetan tepatnya, dilahirkan pada 15 Juni 1969. Putra Bapak H. Imam Mahedi dan Ibu Hj. Siti Halimah ini merupakan alumni Pondok Pesantren Sukawarah, Karanganyar atau sekarang dikenal dengan Roudlotus Sholichin Sholichat, yang diasuh oleh Simbah Romo KH. M. Hisyam Abdul Karim , Setelah nyantri, beliau bertabarukan dengan Romo KH. Qodiron Hasan di Pondok Pesantren Al-Ihya Majenang, Cilacap. Tak berhenti di situ, beliau melanjutkan pencarian ilmunya di Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean, Kediri bertabarukan dengan KH. Abdul Hannan Ma'shum. Beliau menimba ilmu agama diumur yang terbilang sudah dewasa yaitu setelah lulus dari STM 75 Purwokerto yang sekarang namanya SMK 75 Purwokerto.

        Jiwa kepemimpinan dan perjuangan yang beliau dapatkan dari pesantren, beliau amalkan untuk membimbing masyarakat. Abah Yai tidak hanya berkecimpung di dunia pesantren beliau juga mengabdikan diri untuk Organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Abah Yai juga termasuh pendiri PKB di daerah Kecamatan Karanglewas, Banyumas. Menjadi salah satu kyai muda pada saat itu tak menyurutkan Abah dalam berpendapat dan berpartisipasi, bahkan pada zaman tersebut beliau dikenal Kyai yang tegas dan berani, hingga kyai-kyai sepuh Banyumas mengamininya. Karena integritas yang baik Abah di amanati oleh LP Ma'arif menjadi Kepala Sekolah SMA Diponegoro Karanglewas yang sekarang bernama SMK Ma'arif NU 02 Karanglewas, selama kurang lebih sepuluh tahun. Kurang lebih 4 periode kepengurusan MWC NU Karanglewas, Abah menjabat sebagai Rois Syuriah Karanglewas sampai periode sekarang (2022), tidak hanya di NU, beliau juga Ketua MUI Kecamatan karanglewas, selama 3 periode. Dalam kemasyarakatan dan kebudayaan beliau menjadi salah satu Founder Yayasan Mahdum Wali, dan sekarang menjadi penasihat. Selain itu Abah juga menjadi Kepala Madrasah Diniyah Al-Ittihad Pasir Wetan dengan rentetan waktu yang hampir sama dengan masa KEPSEK SMA, Pengurus MWC, dan Pengurus Yayasan Mahdum Wali, ditambah Pesantren milik sendiri kisaran pada ahir tahun 90-an sampai 2009-an.

Saat ini beliau hidup didampingi oleh istri tercintanya, Ibu Nyai Siti Zahroh, nan cantik rupawan.      Abah Yai memiliki 5 putra dan 1 putri, yang keempatnya sudah berumah tangga. Uniknya kedua putranya tersebut kembar, yang merupakan hafidz.Saat ini beliau sudah memiliki 4 cucu yang sangat menggemaskan. 

Dalam mengajar di pesantren, beliau dibantu oleh istri beliau, putra putri beliau dan juga beberapa santri. Di antaranya yaitu: Kang Mus, Kang Oji, Kang Anas, Kang Farkhan, Mba Dian, dan masih banyak lagi.


Posting Komentar untuk "Profil Pendiri"

ads here