Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Assalamu'alaikum. Selamat Datang di Pondok Pesantren Nurul Iman

Apa Kabar dengan Tidurmu?


Tidur merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam keseharian. Bahkan hampir dengan tidur, penyakit bisa hilang atau berkurang. Tidur, mengistirahatkan kita agar terkumpul kembali tenaga atau energi yang telah digunakan sebelumnya. Tak jarang, dengan tidur barang lima menit saja sudah dapat memulihkan tenaga dan kembali bugar. Hal ini sering terjadi pada individu yang sibuk. Namun dalam kesehatan, ada batas minimal tersendiri agar tubuh menjadi seimbang.

Sebegitu pentingnya tidur dalam kehidupan manusia. Dalam islam, tidur tidak asal tidur saja sobat. Ada kebaikan-kebaikan yang mengalir bahkan ketika tidur. Maka, alangkah baiknya jika kita tidur namun tetap menanamkan kebaikan di dalamnya.

Pertama, alangkah baiknya jika sebelum kita tidur kita bersuci terlebih dahulu, berwudhu. Sebab, jika diawali dengan wudhu tidur kita dalam keadaan suci. Apabila itu adalah tidur kita terakhir di dunia, kembali dengan keadaan suci. Jika pun belum waktunya Tuhan meminta pulang, Insha Allah kita akan dijaga.

Kedua, tidur di atas lambung kanan (lambung kanan di bawah) menghadap kiblat. Dengan tidur di atas lambung kanan alias miring ke kanan, memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Tidur miring ke kanan akan menurunkan aktivitas system saraf sehingga tekanan darah menurun dan dkat jantung melemah. Hal tersebut membuat manusia lekas tertidur.

Ketiga, berniat akan tidur. Jadi tidak tidur sebab ketiduran nonton drakor, namun diniatkan tidur untuk mengistirahatkan badan supaya dapat melakukan ibadah dan selalu mengingat Allah ketika tidur dan setelah tidur. Seperti halnya di atas, tidur untuk mengembalikan energi untuk kembali beribadah dan berdzikir pada Allah.

Nabi tidur dengan menyandarkan pipi beliau pada tangan sembari membaca doa: اَللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Dan ketika bangun, Nabi membaca: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَا تَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Seperti itulah tidur yang sekiranya bisa pelan-pelan kita terapkan dalam keseharian. Dan semoga dengan usaha kita memperbaiki cara tidur menjadikan tidur kita tidak hanya sekedar tidur.

Diambil dari  تيسير الخلاق
Dipta_edu
Dipta_edu Hanya seorang pembelajar

2 komentar untuk "Apa Kabar dengan Tidurmu?"

  1. Terima kasih informasinya kk,semangat berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kakak, terima kasih sudah berkenan mampir
      doakan saja semoga masih diberi kesempatan
      untuk kakak, semangat juga, untuk segala hal baik yang masih terus diupayakan

      Hapus

Posting Komentar