Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Assalamu'alaikum. Selamat Datang di Pondok Pesantren Nurul Iman

Tumpengan, Sebagai Rasa Syukur Atas Khatamnya Tadarus Al-Quran


Purwokerto – PP Nurul Iman Pasirwetan, Karanglewas, Banyumas, mengadakan syukuran khatam tadarus al-Quran yang diadakan dari awal bulan Ramadhan tahun ini. Acara ini dilaksanakan di aula lama Pondok Pesantren Nurul Iman. Acara yang diadakan pada tanggal 3 Mei malam, bertepatan dengan malam 22 Ramadhan, ini digelar selepas shalat tarawih.

Acara ini diikuti oleh segenap santri putri guna mensyukuri khatam tadarus al-Quran yang dipimpin oleh ibu Nyai. Sebelum acara dimulai tim hadroh putri mengudarakan sholawat yang dipimpin oleh Putri Dwiyanti, vokalis kenamaan Nurul Iman Putri. Sembari menanti acara dimulai, beberapa santri mempersiapkan jamuan sebagai simbolis rasa syukur atas terlaksanakannya khatmil tadarus yang terselesaikan kemarin malam.

Setelah beberapa shalawat memenuhi ruangan, acara inti dimulai yang dibawakan oleh Aini dan Nala, santri kelas satu. Kemudian tahlil dipimpin oleh Maratus. Kepala tertunduk sembari bibir merapalkan tahlil. Tak memakan banyak waktu, tahlil selesai. Diikuti acara selanjutnya diisi oleh Gus Mohamad Luqman, yang memberikan sedikit wejangan pada segenap santri yang hadir. Salah satu pesannya yaitu, sebagai santri itu harus memiliki keunikan tersendiri dalam menghabiskan waktu di pondok. Ada yang tadarusan, sholat sunahan, dzikir, sholawatan, dan sebagainya sampai dengan tidur. 

pemotongan tumpeng oleh Abah didampingi Ibu Nyai

Setelah sambutan dari Gus Luqman, doa dibacakan olah Abah. Tangan diangkat dan mulut meng-aamiin-kan. Setelah doa dipanjatkan, dilanjut dengan pemotongan tumpeng oleh Abah dan diserahkan secara simbolis kepada Mba Atun. Setelah itu Abah kondur dan beberapa anak membagi tumpeng itu menjadi beberapa bagian untuk dinikmati bersama.

Sembari menunggu pembagian selesai, tim hadroh kembali mengudarakan shalawat. Beberapa shalawat dilantunkan dan diakhiri ketika tumpeng siap disantap di hadapan santri. Santri terbagi menjadi 5 bagian dan duduk melingkar mengitari baki yang berisi tumpeng tersebut. Walaupun dengan tumpeng yang sederhana, semua tampak tertunduk menikmatinya.

foto kenangan sebelum mudik

Setelah acara makan selasai, dokumentasi tak lupa diselipkan. Sesi foto bersama dan video ucapan idul fitri diambil oleh mas Anas. Mengingat santri yang tidak sedikit, dokumentasi tersebut memakan waktu yang cukup lama. Setelah itu, seluruh santri mengular kembali ke kamar.


Posting Komentar untuk "Tumpengan, Sebagai Rasa Syukur Atas Khatamnya Tadarus Al-Quran"