Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner here

Akhirussanah 2022 Hari Pertama dan Peristiwa Tak terduga Lainnya

Senin, 16 Mei 2022, Lembaga di bawah Yayasan Nurul Iman, menggelar acara Akhirussanah. Acara yang diselenggarakan di pelataran Masjid Nurul Iman, berlangsung dari tanggal 16 Mei – 22 Mei 2022. Pada 16 Mei 2022, acara dimulai dari pukul 08.00 yang dihadiri oleh santri dan walisantri kelas Idadiyah A, Idadiyah B, dan TPQ A1. Dari keseluruhan hadirin, 95% hadir di acara ini.

Acara berlangsung dengan baik. Dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ustz. Pramudita lalu Ustdz. Nining selaku MC memulai acara tersebut. Ayat Al-Quran dan Shalawat tak ketinggalan dilantunkan oleh Banu dan Qofisha. Abah KH. Tohirin AZM pun memberi sambutan sebelum santri menampilkan hasil belajarnya selama satu tahun terakhir. Penampilan diawali dari kelas Idadiyah A, Idadiyah B, TPQ A1 kelompok 1 dan TPQ A1 kelompok 2.

Namun, sebelum santri tampil, beberapa tampak bad mood karena menunggu terlalu lama, dari jam 08.00 hingga sekitar pukul 10.00. Hal ini terjadi karena mereka tampil pada urutan akhir. Tak bisa dipungkiri jika santri merasa jenuh dan bosan menunggu giliran mereka. Untuk membuang rasa bosan mereka, beberapa santri berlarian di balik panggung atau sekadar bercanda. Namun, hal ini membuat dua santri menangis.

Setelah seluruhnya tampil, Ustz. Ulfi membacakan juara kelas dari tiap-tiap kelas. Dari kelas Idadiyah A, seluruh juara tidak ada ditempat sehingga diwakilkan oleh ustadzah-ustadzahnya. Pemberian hadiah diberikan oleh Ning Siti I’anah R. S. selaku wali kelas Idadiyah A. Pemberian hadiah kelas Idadiyah B diberikan oleh Ustadzah Rif’atun dan ada satu anak yang tidak ada pada sesi tersebut. Sedangkan kelas TPQ A1 diberikan oleh Ibu Nyai Hj. Siti Zahroh.

Namun, ada salah satu ketidaksinkronan antara penyedia hadiah dan pendata juara kelas. Di kelas TPQ A1, terdapat 2 juara 2, sehingga hadiah yang sudah disiapkan kurang. Sehingga harus disiapkan lagi satu hadiah saat itu juga.

Setelah pembagian selesai, acara ditutup dan satu persatu hadirin meninggalkan pelataran masjid Nurul Iman.

Acara disambung lagi pada pukul 13.00 yang diisi oleh santri kelas shifir A1, Shifir A2, dan kelas 1. Acara berjalan hampir sama dengan susunan pagi hari. Hanya saja yang memberikan sambutan Gus M. Luqman. Acara dipandu oleh Ustdz. Dina. Menjelang akhir acara, tiap-tiap juara kelas diberi hadiah. Lalu acara ditutup dan hadirin bergegas menuju rumah masing masing.

Belum selesai sampai di situ, acara kembali disambung pada malam hari pada pukul 20.00. Sebelum acara dimulai, Fira memimpin untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Setelahnya Aliya dan Zakiyatul Aisyah memandu acara malam itu. Santri kelas 2, kelas 3, dan kelas  4 berurutan menampilkan hasil belajar mereka selama satu tahun ke belakang di Madrasah Diniyah  Fathul Ulum.

Namun, ada yang menarik di sini. Santri kelas 3, yang menampilkan nadhom Syifaul Jinan, mendapat kejutan dari Abah dengan ditanya seputar tajwid dan nadhoman yang telah mereka hafalkan. Meskipun kaget, namun mereka tetap bisa menjawab meski agak lambat. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa mereka tidak hanya menghafal saja, namun mengetahui apa yang sebenarnya mereka hafalkan.

Setelah seluruh santri tampil, Ustd Tio membacakan juara tiap-tiap kelas. Setelah prosesi tersebut selesai. Acara segera ditutup dan pelataran masjid Nurul Iman kembali lengang.

Rangkaian acara pada hari itu berakhir di sana.


Dipta_edu
Dipta_edu Hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Akhirussanah 2022 Hari Pertama dan Peristiwa Tak terduga Lainnya"

ads here
ads here
ads here