Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Mengulang Hari, Abah

Abah K. H. Tohirin AZM


62 tahun silam, bayi laki-laki mungil dilahirkan di sebuah desa, Pasir Wetan, Karanglewas, Banyumas. Bayi tersebut adalah Abah kami, K. H. M. Tohirin AZM, yang dengan telaten mendidik kami di sini, Pondok Pesantren Nurul Iman, Pasir Wetan. 86.400 detik yang dimilikinya, sebagian besar tercurah untuk mengurusi kami, para santri yang sulit menaati aturan. Keikhlasan beliau tercermin dari keseharian beliau. Menunggu kami kembali dari manapun kami pergi seharian, peduli pada kami yang terkadang memiliki niatan meninggalkannya. Namun, beliau tidak membalas demikian. Sabar, menghadapi sikap kami yang sangat menjengkelkan lagi memuakkan.

Keluhan yang terlontar dengan mudah dari mulut kami, selalu beliau usahakan semaksimal mungkin, demi kenyamanan kami di sini. Padahal, kami acap kali mengucap ‘lah’ dibelakang beliau. Namun beliau tetap mengusahakan sebaik mungkin.

Payah, sangat payah kami mengikuti perintah beliau. Seribu alasan selalu muncul dalam benak kami demi menolak perintahmu. Kemalasan kami tak membuat beliau mundur mendidik kami.

Banyak sekali hal-hal yang beliau lakukan demi kami, dari hal kecil sampai hal besar. Namun, kadang kami tak menyadari dan menganggapnya sepele. Namun, beliau tak berhenti melakukannya.

Beliau hanya menginginkan kami, sebagai santrinya, menjadi orang yang cerdas, mewarisi keilmuan beliau. Beliau menempa dengan telaten setiap harinya. Kami, kadang masih menolak keinginan beliau, padahal hal tersebut sangat berguna bagi kami ke depannya.

Betapa kurangnya kami dalam menta’dzimi beliau, yang telah mengorbankan masanya demi kami. Betapa tidak sopannya kami pada beliau. Betapa buruknya kami, mengabaikan dan berpura-pura tidak tau dengan keadaan sekitar. Betapa masih kurangnya kami dalam segala hal.

Beliau, mengabdikan masanya untuk kami. Menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memikirkan kami, daripada putra-putrinya. Beliau rela menahan penat demi kami, yang mendominasikan malas dalam diri kami.

Selamat mengulang tanggal 15 yang ke 744 sekaligus mengulang tanggal 15 Juni yang ke 62, Abah kami terkasih.

Kami tidak bisa memberi apapun pada beliau. Semoga apapun yang beliau angankan dan langitkan, Allah segera membumikan itu.  Allohumma Sholi ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad. Al-Fatihah.

Dari kami, segenap santri Pondok Pesantren Nurul Iman, Pasir Wetan.

Dipta_edu
Dipta_edu Hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Selamat Mengulang Hari, Abah"