Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
banner here

Tayamum, Perlu Diperhatikan Walau Sekadar Pengganti

Sumber : NIMedia

Tayamum bukan menjadi hal yang baru lagi di telinga kita bukan? Sering kali mendengar kata itu, namun apa itu tayamum si? Terkadang kita bertanya-tanya entah hanya ditujukan untuk diri sendiri atau pada orang lain. Maka, untuk mengobati rasa penasaran itu, mari kita simak bersama-sama berikut ini.

Tayamum adalah salah satu cara yang digunakan untuk mensucikan diri dari hadats kecil, pengganti wudlu. Media yang digunakan untuk tayamum yaitu debu dengan catatan debu yang digunakan murni tanpa campuran apapun baik itu tepung atau lainnya dan harus suci pastinya. Perlu diingat tayamum itu dilakukan ketika sudah memasuki waktu ibadah, ya.

Tayumum dilakukan bukan tanpa sebab, namun ada beberapa sebab yang menyertainya, di antaranya: tidak ada air, takut memakai air karena sakit, dan butuh air untuk minum (karena minimnya air dan hanya cukup untuk minum). Jadi tidak asal ya tiba-tiba tayamum aja gitu, karena males wudhu. Tidak bisa jika tanpa alasan di atas.

Untuk pelaksanaannya pun ada fardhunya, yaitu: niat yang dilakukan bersamaan dengan mengambil debu dan mengusapkan pertama kali pada anggota tayamun (pada wajah). Lalu mengusap wajah secara keseluruhan. Kemudian mengusap kedua tangan beserta kedua siku. Nah, debu yang digunakan untuk mengusap wajah dan tangan harus berbeda ya. Dan yang terakhir tertib, artinya apa yang dilakukan harus sesuai urutan yang sudah disebutkan tadi.

Eh, tayamum juga bisa batal lho oleh beberapa sebab. Di antaranya: sesuatu yang membatalkan wudlu, murtad, dan hilangnya persyaratan yang memperbolehkan tayamum sebelum shalat dilaksanakan. Oh iya, satu kali tayamum hanya bisa digunakan untuk satu ibadah fardhu ya. Jika mau ibadah fardhu lainnya harus tayamum lagi. Namun tenang, kalo mau ibadah sunah tidak perlu lagi tayumum, masih bisa pake tayamum yang sebelumnya, asal belum batal ya, hehe.

Wallahu a’lam bish shawab

Nah, apakah sudah cukup mengobati rasa penasaran kita? Kalo masih belum cukup bisa dicari referensi lain ya. Boleh juga ditambahin di kolom komentar, biar kita semua mendapat ilmu yang lain.

Terima kasih

Sumber: الرياض البديعة

Bagi yang ingin berdonasi atau beramal jariyah melalui pondok pesantren Nurul Iman bisa lewat sini.


Dipta_edu
Dipta_edu Hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Tayamum, Perlu Diperhatikan Walau Sekadar Pengganti"

ads here
ads here
ads here