Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Assalamu'alaikum. Selamat Datang di Pondok Pesantren Nurul Iman

Jangan Tinggalkan Ini Ketika Wudhu!

 


Wudhu merupakan hal yang tidak asing bagi kaum muslim. Setiap hari kaum muslim menjalankannya. Apa itu wudhu si?

Secara bahasa wudhu berarti bersih dan indah. Menurut syara' wudhu adalah membersihkan anggota tubuh tertentu (muka, kedua tangan, kepala, dan kedua kaki) dari najis dan mensucikan diri dari hadats kecil sebelum melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Wudhu hukumnya wajib ketika hendak menunaikan ibadah salat. Wudhu disunahkan ketika hendak melakukan ibadah yang lain. Wudhu adalah mengalirkan atau membasuh air pada tiap anggota wudhu untuk menyucikan diri dari hadats kecil.

Fardhunya wudhu ada 6. Sebelum lebih jauh, fardhu merupakan sesuatu yang dihukumi wajib. Nah, berikut fardhunya wudhu:

فروض الوضوء ستة: الأول:النية، الثاني : غسل الوجه، الثالث: غسل اليدين معالمرفقين، الرابع : مسح شيء من الرأس، الخامس : غسل الرجلين مع الكعبين، السادس الترتيب

1.     Niat, niat dilakukan di awal membasuh bagian wudhu, yaitu ketika membasuh muka yang pertama. Niat dilafadkan di dalam hati. Jadi sembari membasuh muka, hati kita menuturkan niat wudhu yaitu:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالٰى 

Niat tidak selalu dilafadkan dalam bahasa Arab, namun bisa menggunakan bahasa apa saja yang terpenting tujuan dari niat itu masih sama.

2.     Membasuh wajah, seluruh bagian wajah harus basah oleh air wudhu. Bagian yang wajib dibasuh adalah dari mulai tumbuhnya rambut kepala, batas yang ada di telinga, dan di bawah dagu. Kesemuanya harus terkena dibasuh tanpa terkecuali. Hal ini perlu diperhatikan, sebab terkadang bagian bawah dagu terlupakan atau juga tidak sampai batas telinga. Telapak tangan menjamah tiap inchi bagian wajah. Tidak hanya sekedar air pada wajah. Bagi laki-laki yang memiliki jenggot atau jambang yang lebat, yang wajib dibasuh hanya bagian luarnya saja.

3.     Membasuh kedua tangan sampai siku. Jangan sampai ada bagian yang terlupa, sebab terkadang bagian belakang siku terlupa. Cara membasuhnya pun hampir sama dengan wajah. Seluruh bagian tangan dari ujung jari sampai dengan siku harus dijamah dengan telapak tangan. Tidak dengan mengalirkan air pada tangan saja. Bagi seseorang yang memiliki kelainan pada bagian tangan seperti terpotong tangannya, maka jika masih ada bagian sikunya, dibasuh sikunya. Namun jika tidak ada sikunya, dibasuh sisanya saja. Bagi yang memiliki tambahan bagian tangan sejak lahir dan tidak diketahui yang asli, maka dibasuh semuanya.

4.     Membasuh sebagian kepala. Nah, di sini kita dibebaskan mengusah kepala bagian manapun. Tidak melulu harus bagian ubun-ubun. Betapa murahnya Allah membebaskan kita memilih sendiri. Membasuh sebagian kepala tidak berarti mengalirkan air kran pada kepala layaknya keramas lurr.. big no! ingat ya, sebagian, bukan seluruhnya.

5.     Membasuh kedua kaki sampai mata kaki. Perlu diperhatikan juga lur.. setiap sela-sela jari kaki harus basah, jadi kita menyela-nyela jari kaki dengan tangan untuk memastikan air membasahinya.

6.     Tertib, nah kesemuanya harus dilakukan secara berurutan sesuai pemaparan di atas lur.. jangan mengganti nomer urutnya ya. Sebab, tertib wajib dipenuhi dalam wudhu lur.

Gimana lur, apa sudah sesuai dengan yang dilakukan sebelumnya. Yuk pelan-pelan diperbaiki wudhunya.

Jika ada kekeliruan atau tambahan, tambahkan di kolom komentar ya lur.

Semoga apa-apa yang kita persembahkan pada Allah memberikan hal baik pada diri dan liyan.


Dipta_edu
Dipta_edu Hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Jangan Tinggalkan Ini Ketika Wudhu!"