Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Assalamu'alaikum. Selamat Datang di Pondok Pesantren Nurul Iman

Sudah Adakah Unsur Ini dalam Niat Shalatmu?

sumber: www.islampos.com

Niat adalah hal yang dilakukan sebelum melakukan aktivitas apapun. Baik secara sadar diucapkan atau sekadar hati yang menuturkan, pasti didahului oleh niat. Begitupun shalat. Sebelum shalat kita wajib menuturkan niat, niat untuk shalat. Jangan salah, niat shalat tidak boleh asal niat, namun dilaksanakan ketika takbirotul ikhram. Sembari mengucapkan takbir, hati menuturkan niat shalat. Lalu, buat apa jika niat dilafadkan melalui lisan. Hal tersebut menuntun hati untuk melafadkan niat tersebut.

Kunjungi cuitan kami di Twitter : nurul_iman1992

Seperti apa si niat shalat?

Niat shalat memiliki tiga derajat: yaitu niat shalat fardhu, niat shalat Sunnah yang memiliki waktu, dan niat shalat Sunnah mutlak.

Yuk lihat kami di Instagram : nuruliman1992

Untuk shalat fardhu, niat harus mengandung tiga unsur. Yaitu: menyengajakan kegiatan, menentukan atau memperjelas, menjalankan fardhu. Untuk menyengajakan kegiatan, niat diucapkan dengan maksud tujuan yang jelas. Dalam hal ini adalah menjalankan kegiatan shalat dengan sengaja. Ditandai dengan bacaan اصلى  . Tujuannya menegaskan bahwa kita memang benar akan shalat tidak untuk yang lain.

Memperjelas, setelah ada niat untuk shalat lalu memperjalas shalat apa akan dikerjakan. Apakah akan shalat shubuh, dhuhur atau lainnya.

Menjalankan fardhu, dalam shalat fardhu tidak boleh ditinggalkan teks yang menyatakan bahwa yang hendak dilaksanakan adalah shalat fardhu, الفرض.

Jadi jika niat shalat hanya اصلى فرض المغرب (untuk shalat maghrib) sudah memenuhi syarat.

 Cek video kami di YouTube: PondokPesantrenNurulIman

Untuk shalat Sunnah yang memiliki waktu harus mengandung dua unsur: menyengajakan kegiatan dan memperjelas.

Sama seperti shalat fardhu, menyengajakan niat yang dimaksud adalah lafadz اصلى  dan untuk memperjelas disebutkan shalat apa yang hendak dilaksanakan. Apakah shalat dhuha, tahajud, witif, atau yang lainnya.

Jadi untuk shalat Sunnah yang memiliki waktu niat اصلى التراويح  (untuk shalat tarawih) sudah cukup.

 Kunjungi kami di FansPage : nuruliman1992

Untuk shalat Sunnah mutlak hanya perlu menyengajakan niat, اصلى   sudah cukup.

Namun, hal yang sudah disebutkan merupakan batasan minimal saja, jika ditambah dengan yang lain secara rinci lebih baik.

 Wallahu A'lam Bish Shawab

سفينة النجاة

Jika ingin beramal jariyah melalui Pondok Pesantren Nurul Iman bisa lewat sini.


Dipta_edu
Dipta_edu Hanya seorang pembelajar

Posting Komentar untuk "Sudah Adakah Unsur Ini dalam Niat Shalatmu?"